Top 16 Game Klasik Jadul yang Legendaris

 

Di tahun 90an kira-kira udah ada game apa aja ya di komputer? Mungkin generasi saat ini banyak yang gak tau kalau di tahun 90an ada beberapa game komputer klasik yang sangat memorable jika diingat kembali. Saya pun dulu sempat bermain beberapa game klasik tersebut, walaupun beberapa gamenya ada yang sudah mulai terlupakan. Jadi mari kita sama-sama mengingat kenangan bermain game klasik tersebut. 



1. 3D Pinball Space Cadet

Ketika bosan di depan komputer, salah satu game yang paling dicari adalah game Pinball satu ini. Suara animasi start gamenya terasa begitu nostalgia rasanya. Game ini termasuk tersedia langsung pada Windows XP, sehingga sudah pasti game ini akan selalu menemani di komputer saat bosan bagi semua kalangan. Saya akui diantara game-game Windows bawaan, ini sih yang paling seru dimainkan.


2. StarCraft (1999)

Menurut saya sih ini adalah game strategi yang paling legendaris yang ada di komputer pada waktu itu. Karena konsep gameplay-nya yang unik dari lainnya, dimana latar tempatnya berada di sebuah planet luar angkasa. Dalam game Starcraft ini kita bisa memilih antara 3 ras yaitu Terran, Protoss dan Zerg. Dari ketiga ras tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Walaupun grafiknya memang terlihat jadul, tapi gameplay-nya masih banyak digemari oleh berbagai kalangan hingga saat ini, terutama bagi pecinta game klasik.


3. Virtua Cop 2 (1995)

Ini merupakan game arcade tembak-tembakan klasik yang pernah ada di setiap komputer. Kita akan berperan sebagai polisi yang harus menembaki para kriminal yang ada. Seperti game arcade shooter pada umumnya, kita hanya perlu mengarahkan kursor untuk memainkannya. Pada zaman itu, Virtua Cop 2 ini merupakan game arcade klasik yang legend

 

4. Tetris

Game klasik yang paling populer dan legenda di dunia. Permainannya sederhana namun rumit, karena kita ditantang untuk menyusun beberapa balok dengan berbagai kombinasi bentuk agar tersusun rapi. Fun fact, bagi teman-teman yang belum tau, Tetris merupakan game dengan penjualan paling banyak di dunia dengan jumlah penjualan mencapai 520 juta kopi. Jadi sudah pasti hampir semua orang di dunia tau game Tetris ini, kecuali orang-orang tersebut hidup tanpa teknologi.

 

5. House of The Dead (1997)

Salah satu game tembak-tembakan zombie yang terkenal adalah House of The Dead, yang saat ini sudah ada beberapa versi yang keluar. Tapi tentu saja seri pertama yang akan selalu menjadi game light-gun shooter zombie klasik yang legend. Karena dari seri pertama inilah, akhirnya bermunculan game-light-gun shooter zombie lainnya.


6. Age of Empires (1997)

Sebelum ada banyak game strategi dengan zaman peperangan, ada game Age of Empires yang merupakan game strategi peperangan yang dulu paling banyak dimainkan. Mungkin untuk anak kecil game ini terlihat membingungkan, tapi ketika mulai mengerti dengan gameplay-nya, permainan akan jadi terasa serunya. Hingga akhirnya muncul saingannya yaitu Stronghold Crusader di awal tahun 2000an.

 

7. DX-Ball (1996)

Menurut saya DX-Ball adalah game klasik memantulkan bola pertama yang banyak dimainkan di Windows pada waktu itu. Permainannya yang mudah dimainkan dan menghibur ini menjadi salah satu game favorit untuk dimainkan saat bosan di depan komputer bagi berbagai kalangan. Walaupun sederhana, variasi skill dan tantangan setiap levelnya bisa membuat kita betah memainkannya dan menjadi salah satu game klasik memantulkan bola yang gak terlupakan.


8. Prince of Persia (1989)

Game Prince of Persia yang satu ini memang berbeda dengan game Prince Persia yang kita ketahui sekarang, namun bagi teman-teman yang sudah menggunakan komputer di tahun 90an pasti tau versi game Prince of Persia satu ini. Art style-nya sangat berciri khas game klasik, dan gameplay-nya juga gak dominan bertarung, melainkan lebih menekankan menyelesaikan teka-teki dan melalui rintangan di levelnya. Jadi, siapa sangka dulu kalau game Prince of Persia seperti ini? 


9. Dangerous Dave (1988)

Menurut saya game Dangerous Dave ini mirip-mirip dengan game petualangan Mario Bros. Hanya saja bedanya, game Dangerous Dave ini menantang kita untuk melewati rintangan sambil berusaha mendapatkan piala untuk bisa melewati levelnya. Kita juga perlu mengumpulkan berlian di sepanjang perjalanannya sebagai penambah score di game, dan tentu saja rintangannya gak semudah yang dibayangkan.

 

10. Roller Coaster Tycoon (1999)

Roller Coaster Tycoon merupakan game tycoon yang mungkin teman-teman pertama kali mainkan. Disini kita dapat membuat taman bermain roller coaster beserta dengan jalan lintasannya sendiri. Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang mencoba hal-hal yang ekstrim di taman bermain roller coaster ini. Namun Roller Coaster Tycoon ini menjadi salah satu game tycoon klasik yang seru dan memiliki banyak kenangan.


11. Worms 2 (1997)

Kebanyakan yang tahu game Worms ini mungkin yang versi 3D-nya, namun ternyata awal mula game Worms ini ternyata sudah ada dalam seri 2D. Konsep gameplay-nya masih tetap sama yaitu peperangan antar sekelompok cacing dimana kita bergantian untuk mengalahkan tim cacing musuh dengan senjata-senjata yang ada. Pastinya keseruan dari game Worms ini memang lain dari game peperangan lainnya.

 

12. Paperboy (1985)

Game sederhana yang dimana kita bekerja sebagai pengirim koran yang naik sepeda dan kita perlu melempar korannya ke rumah-rumah sambil melewati rintangan di jalan. Rintangan yang harus dilewati juga bervariasi dari yang mudah hingga yang sulit. Tapi menurut saya game klasik satu ini memang unik dan seru pada zamannya.


13. SkiFree (1991)

Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang pernah memainkan game ini, karena sebenarnya game SkiFree ini termasuk game yang pernah populer di komputer Windows pada waktu itu. Tampilan grafisnya bisa dibilang sangat sederhana, seperti dibuat dari Windows Paint. Di gameplay-nya kita akan bermain ski menuruni gunung salju sambil melewati halangan yang ada, sambil menghindari si monster Yeti yang mengejar.


14. Bow and Arrow (1992)

Beberapa dari teman-teman mungkin ada yg lupa dengan game satu ini. Dimana kita akan menjadi seseorang yang mirip dengan Robin Hood yang harus memanah objek-objek berterbangan di layar untuk bisa lanjut ke level berikutnya. Gameplay-nya bisa dibilang mudah dimengerti, serta grafik dan animasinya juga terlihat sangat simpel dan klasik.

 

15. Minesweeper (1989)

Minesweeper ini adalah game bawaan Windows saat itu yang sudah pasti pernah dimainkan bagi pengguna komputer Windows dulu. Karena dari icon gamenya yang memang menarik perhatian dan membuat orang untuk mengklik dan memainkan gamenya. Jujur saya masih belum sepenuhnya paham dengan cara bermainnya, tapi yang jelas kita hanya perlu mengklik petak yang gak ada bomnya supaya bisa menang.


16. Solitaire (1990)

Untuk orang dewasa dulu hingga sekarang, kalau bosan di depan komputer, kebanyakan bermain game kartu Solitaire ini. Karena memang ini adalah game bawaan dari Windows yang bisa dimainkan. Untuk sebagian anak kecil mungkin akan bingung dengan permainannya, namun game ini menjadi salah satu game yang pasti pernah dimainkan di komputer pada zaman itu. 

 

Jadi itulah game-game PC klasik jadul yang legendaris, bagaimana menurut teman-teman? Game PC jadul apa yang pernah teman-teman mainkan? Silahkan berikan di komentar ya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences