Nostalgia! Top 20 Game PC Tahun 2000-an

 

Tahun 2000-an merupakan zaman dimana komputer mulai sering digunakan, jadi sudah pasti kalau kita mulai mengenal hiburan yang ada di komputer. Salah satu hiburan tersebut adalah bermain game. Kalau diingat-ingat, game-game tahun 2000-an dulu grafiknya memang belum senyata zaman sekarang, namun gameplay-nya sangat terasa menyenangkan.

Bahkan konsep dari game-game tahun 2000-an tersebut banyak diadaptasi ke dalam game-game baru saat ini, karena memang gameplay dari game-nya yang seru dan unik. Jadi mari kita bernostalgia game-game tahun 2000-an yang menyenangkan tersebut:

 


1. Plants VS Zombies

Menurut saya Plant VS Zombie ini adalah game tahun 2000-an yang paling unik dan inovatif. Saking banyak peminatnya, game ini sampai diadaptasi ke berbagai gadget, sehingga sekarang kita bisa memainkan game ini di Tablet dan Smartphone kita. Bahkan saat video ini dibuat, Plants VS Zombies ini udah ada seri yang ketiga. Walalupun grafiknya terlihat seperti anak-anak ini memiliki tantangan gameplay yang gak bisa diremehkan.

 

2. Zuma Deluxe

Game legenda yang terkenal paling banyak dimainkan oleh kalangan orang kantoran yang bosan di kantor. Permainan game Zuma ini sangat sederhana, dimana kita hanya perlu menembakan bola dengan warna yang sama, sehingga bola-bola berwarna tersebut habis dan naik ke level selanjutnya dengan rintangan arena yang lebih sulit. Sederhana namun menantang, makanya banyak orang-orang dewasa yang memainkan game ini ketika bosan. 

 

3. Counter-Strike: Condition Zero 

Game satu ini adalah game yang paling sering dimainkan di masa sekolah, karena pasti ada aja yang menginstal game ini di lab komputer. Game FPS yang berkonsep antara pasukan SWAT melawan Teroris yang membawa bom ini menjadi konsep gameplay yang banyak diterapkan di berbagai game FPS lainnya. Memang sangat nostalgia kalau mengingat game ini. Karena banyak peminatnya game ini dikembangkan lagi dengan versi terbarunya yaitu Counter-Strike: Global Offensive yang akhirnya sekarang jadi Counter-Strike 2.

Honorable mention juga untuk game mod Counter-Strike yang menurut saya cukup seru juga yaitu Counter Strike: Extreme V7. Bagi teman-teman yang pernah memainkannya, pasti sependapat dengan saya kalau game Counter-Strike satu ini lebih seru dibandingkan Condition Zero. Karena dengan modnya, ada gameplay tembak-tembakan melawan monster hantu dan zombie dengan tambahan senjatanya yang unik-unik.


4. The Sims 1 

Game The Sims saat ini memang sudah sangat canggih dengan grafis yang bagus juga. Namun menurut saya, The Sims 1 ini memiliki keunikannya sendiri yang membuat game ini selalu spesial di hati. Mungkin sudah cukup jarang ada yang jual game The Sims 1 ini, tapi masih ada berbagai cara untuk memainkan game ini. Yang pastinya, menurut saya The Sims 1 ini adalah pelopor atau "pioneer" dari game simulasi kehidupan. 


5. Impossible Creatures

Merupakan game dengan konsep yang unik sih kalau menurut saya. Disini gameplay-nya berkonsep strategi peperangan yang dimana kita berperang menggunakan monster binatang mutasi. Pasukan monster binatangnya bisa kita kombinasikan sendiri antara 2 binatang, sehingga menciptakan pasukan monster binatang kita sendiri. Selain itu, grafiknya juga sudah 3D, sehingga main gamenya jadi bikin ketagihan.

 

6. Stronghold Crusader 

Salah satu game strategi yang terlaris di tahun 2000-an. Game yang bertema di abad ke-11 ini mengajak kita untuk membangun kerajaan untuk siap berperang. Gameplay-nya juga termasuk sederhana, hanya dengan menggunakan mouse aja. Namun dari game ini strategi kita akan diuji. Animasinya juga sangat berciri khas game jadul, namun termasuk menarik. Ini memang salah satu game strategi klasik yang terbaik menurut saya sih.

 

7. World of Warcraft: Frozen Throne

Sebelum ada Dota 2, para gamer sangat gemar bermain Frozen Throne atau Dota 1. Karena ukurannya yang ringan, game Frozen Throne ini bisa ditemukan di berbagai komputer. Mulai dari komputer warnet, hingga komputer sekolah. Saya akui, saya memang bukan yang jago dalam bermain game Dota, tapi bagi yang gemar dengan game bertarung ini sudah pasti betah mainnya sampai begadang.

 

8. Insaniquarium Deluxe

Mau pelihara ikan tapi males beli aquarium? Game ini memiliki konsep permainan dengan memelihara ikan di aquarium digital. Jenis-jenis ikan yang bisa dipelihara juga unik dan beraneka ragam, dimana setiap peliharaan memiliki skillnya masing-masing. Yang penting, saat memelihara ikan-ikan tersebut, teman-teman harus berhati-hati dengan para predator yang mengincar mereka.

 

9. Pizza Frenzy 

Jarang-jarang ada game pizza delivery yang seseru Pizza Frenzy. Dimana kita perlu mengantar pesanan pizza dan mengambil uang bayaran dari pelanggan. Namun tentu saja, semakin tinggi levelnya, pelanggan yang dilayani akan semakin rumit juga. Selain mengirim pizza, ada mini game seru dimana kita mendesain pizza sesuai dengan arahan. Konsep gameplay-nya gak ribet. Sehingga kita dengan mudah dapat menikmati gamenya.

 

10. Neighbours from Hell

Game dimana kita ngeprank tetangga yang galak dan menyeramkan seperti dari Neraka. Menurut saya saat itu, bermain game ini termasuk menegangkan dan lumayan terasa seramnya, karena takut ketahuan oleh si tetangga saat ingin ngeprank. Walapun begitu, game Neighbours from Hell ini termasuk game tahun 2000-an yang berkesan.


11. Diner Dash

Siapa sih yang gak tau game satu ini? Menurut saya sih game Diner Dash ini merupakan game yang mempopulerkan konsep gameplay melayani pelanggan di restoran. Bahkan sampai sekarang pun, konsep gameplay ini masih banyak diterapkan di berbagai game lain. Di setiap level gamenya juga memberi tantangan yang membuat gameplay semakin asik. Yang jelas Diner Dash ini memberikan kenangan game yang seru dan sudah ada banyak seri yang dibuat dari game ini.

 

12. Air Strike 3D

Ini merupakan game shooter dengan grafik yang sudah 3D dan efek yang lebih terasa modern. Disini kita akan menggunakan pesawat helikopter yang akan menyerang dan menghancurkan markas musuh. Di tahun 2000an, game seperti ini sudah terlihat cukup mewah saat dimainkan di Komputer Intel Pentium. 

 

13. Farm Frenzy

Sebelum ada Hay Day dan FarmVille, dulu ada namanya Farm Frenzy. Game bertema peternakan ini memiliki konsep gameplay yang sederhana. Dimana kita memiliki sebuah lahan yang digunakan untuk mengumpulkan dan merawat berbagai ternak supaya menghasilkan hasil ternak. Semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak hasil ternak yang harus dihasilkan dan diolah. Saat video ini dibuat sudah ada banyak seri dari game Farm Frenzy yang dibuat.

 

14. Iggle Pop

Di game ini kita akan menggendalikan karakter bulat berbulu mirip seperti Kuriboh yang disebut dengan Iggle. Gameplay-nya kita harus menyelamatkan mahluk-mahluk Iggle yang terperangkap di arena untuk dikembalikan ke rumahnya sesuai dengan warnanya. Setiap level tingkat kesulitannya akan semakin bertambah dan menjadi lebih menantang.

 

15. Feeding Frenzy

Kita akan menggunakan karakter seekor ikan di laut, dimana kita harus memakan ikan-ikan yang lebih kecil dari kita untuk bertambah besar dan melewati levelnya. Setiap level kita akan menggunakan ikan-ikan yang semakin besar. Mulai dari ikan kecil seperti lionfish, hingga ikan besar seperti paus orca. Yang penting saat bermain, kita harus berhati-hati dengan ikan yang lebih besar dari kita.

 

16. Platypus 

Dari namanya seperti nama binatang Platypus, padahal sebenarnya ini adalah game arcade tembak-tembakan horizontal. Kita akan bermain menggunakan pesawat dan akan menembaki musuh-musuh yang muncul di depan kita. Konsepnya sesimpel itu, tapi game dengan konsep seperti ini masih banyak diminati dan tetap seru dimainkan hingga saat ini.

 

17. Lemonade Tycoon

Merupakan game simulasi jualan minuman es lemon atau lemonade. Gameplay-nya cukup sederhana, kita hanya perlu meracik resep lemonade dan memasang harga yang tepat supaya minumannya cepat laku. Selanjutnya setelah uangnya semakin banyak, kita bisa mengupgrade stand lemonade-nya dan pindah ke lokasi di level selanjutnya.

 

18. Richocet Xtreme

Kalau game yang satu ini udah pasti teman-teman pernah mainkan. Game dengan konsep gameplay memantulkan bola untuk menghancurkan semua balok-balok yang ada di tiap levelnya. Hanya saja di game ini, grafik dan efeknya dibuat menjadi semakin menarik.

 

19. Hamsterball

Di game ini kita akan mengendalikan hamster dalam bola dan menggelinding melewati berbagai rintangan di setiap arenanya agar mencapai Goal dalam waktu yang terbatas. Permainan game ini terlihat simpel, tapi sebenarnya gak semudah yang dibayangkan saat mengendalikan bolanya. 

 

20. Fleabag VS Mutt 

Game yang terbuat dari software Flash ini bertemakan duel antara anjing dan kucing dengan cara saling melempar barang, hingga salah satunya KO. Dalam duelnya juga ada tantangan yang membuat melempar barang gak semudah itu. Saya yakin dulu pasti teman-teman pernah memainkan game ini di tahun 2000an.

 

Jadi itulah game-game PC tahun 2000-an yang sangat memorable, bagaimana menurut teman-teman? Game PC tahun 2000-an apa yang pernah teman-teman mainkan? Silahkan berikan di komentar ya

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences